Jenis Gulai Khas Indonesia

Jenis Gulai Khas Indonesia – Seperti yang kita semua ketahui, banyak masakan gulai khas Indonesia yang terkenal hingga ke berbagai wilayah. Namun tahukah kamu ada berapa jenis gulai khas Indonesia yang lezat dan menggunggah selera?

Jenis Gulai Khas Indonesia

Jenis-jenis gulai khas Indonesia

1. Gulai ayam
Gulai satu ini biasa kita temukan di rumah makan khas Padang. Selain rendang, biasanya gulai juga banyak diburu oleh pecinta masakan khas Minangkabau tersebut, ini dikarenakan cita rasa kuah gulai yang gurih, sedikit pedas dan kaya rempah tersebut meresap ke dalam daging ayam nan lembut.

2. Gulai cubadak
Gulai lainnya yang juga wajib ada di rumah makan khas Padang adalah gulai cubadak atau gulai nangka muda. Tekstur nangka yang kenyal, berserat dan empuk ini sangat mudah menyerap kuah gulai yang gurih dan kaya rempah. Biasanya gulai nangka juga dicampur bersama irisan kol dan kacang panjang.
Nah, gulai cubadak sendiri bukan hanya disajikan di rumah makan Padang saja melainkan juga di warung nasi seperte warteg. Namun, perbedaannya terlihat pada kekentalan kuahnya. Jika pada masakan Padang kuah gulai cubadak tampak kental, sedangkan di rumah makan khas Jawa biasanya kuahnya lebih encer.

3. Gulai belacan
Jenis gulai satu ini berasal dari Riau. Dinamakan gulai balacan karena memang terdapat campuran sambal balacan di dalam kuahnya, sehingga warnanya lebih terlihat merah. Cita rasanya sendiri tetap didominasi oleh gurih santan namun, ada sedikit sentuhan asam yang samar-samar. Ini dikarenakan terdapat campuran air asam jawa pada bumbunya, namun hanya digunakan dalam jumlah yang sedikit saja.

Baca Juga :Daftar Makanan Khas Sunda yang Sangat Terkenal

4. Gulai tunjang
Gulai tunjang atau yang juga dikenal dengan gulai kikil adalah makanan khas Padang. Sama seperti bahan gulai lainnya, hanya saja yang membedakan ialah penggunaan kikil atau kaki sapi. Gulai ini disukai karena tekstur tunjang yang kenyal dan gurih, ditambah kuah gulai yang meresap akan terasa semakin nikmat.

5. Gulai kepala ikan
Nah, gulai satu ini disukai karena resapan bumbunya yang merasuk hingga ke sela-sela daging kepala ikan. Kepala ikan yang digunakan adalah kepala ikan kakap dengan ukuran yang lebih besar dari jenis ikan lainnya. Makanya, meski daging pada kepala ikan terbilang sedikit namun, bumbunya yang meresap hingga ke tulangnya membuat orang betah menyeruputnya hingga bersih.