Lontong Sayur

menumasakanindonesia.web.id – Lontong sayur adalah makanan khas Indonesia yang saat ini masih sering dijual, lontong sayur akan semakin nikmat di makan dengan kuah hangat, dan campuran bihun goreng.

Diantara Lontong sayur yang tersebar di seluruh indonesia, kami bisa rekomendasi anda untuk lontong sayur Medan, atau biasa di bilang lontong Melayu.

Lontong medan memiliki ciri khas yang menonjol dibandingkan dengan lontong dari daerah luar Provinsi Sumatera Utara. Lontong medan memiliki cita rasa yang sangat nikmat dengan hidangan kompleks yang terdiri dari berbagai jenis sayur dan sambal yang bervariasi sehingga rasa akhir sangat nikmat di lidah penggemar kuliner.

Baca juga :  Roti Buaya

Masakan lontong medan terdiri dari : lontong yang terbuat dari beras(nasi); sambal kering yaitu kombinasi kacang tanah,tempe,dan ikan teri;  kemudian gulai dari sayur labu jipang yang dicampur dengan wortel dan kacang panjang ; tauco kacang panjang yang bisa dikombinasikan dengan kerang kupas atau jeroan ayam, seperti hati dan usus ayam yang dipotong menjadi kecil-kecil; dan bagian terakhir yaitu mie lidi yang bisa dimasak dengan bumbu dan campuran kol atau hanya direbus saja. Lontong sayur medan juga semakin nikmat jika ditambah dengan  telur rebus

Karena terdiri dari berbagai jenis sumber asal makanan yang enak sehingga makanan lontong medan dapat dijadikan bukan hanya sekedar makanan untuik sarapan saja tetapi dapat menjadi makanan untuk lebaran dan hari spesial lain dengan paduan dan kombinasi yang ditambah agar lebih bertambah nilai dari lontong medan tersebut.

Bahan membuat Lontong Sayur Medan :

  • Lontong
  • Beras
  • Daun pisang
  • Lidi (batang daun pohon kelapa sawit)

Mie:
Mie lidi
Garam

Telur rebus

Gulai atau sayur:
Kacang panjang
Wortel
Labu jipang
KelapaBahan yang dihaluskan : bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, jahe
Penyedap rasa

Sambal kering :
Kacang tanah
Ikan teri
Tempe
Bumbu yang dihaluskan : cabe merah, bawang putih, bawang merah, tomat
Penyedap rasa

Tauco:
Kacang panjang
Cempoka/rimbang
Tahu kering
Kerang kupas
Tauco
Bumbu yang dihaluskan : cabai hijau besar dipotong2, bawang merah dan bawang putih digiling hallus
Penyedap rasa

Cara membuat:
* Lontong:
Beras yang telah dicuci dibungkus dengan daun pisang dan di tusuk atau dijepit dengan lidi di kedua bagian ujungnya. Kemudian rebus selama 3-4 jam hingga matang dan lakukan pengecekkan.
* Mie :
Rebus mie lidi dengan menggunakan air secukupnya, potong mie menjadi dua bagian danberi sedikit garam. Tunggu hingga matang lalu tiriskan.
* Telur rebus:
Rebus telur dengan air hingga matang, biarkan mendingin dan setelah dingin angkat dan tiriskan.
* Gulai/sayur:
Potong-potong bahan ( kacang panjang, wortel, dan labu jipang) sesuai dengan selera kemudian siapkan bumbu yang telah dihaluskan yaitu ketumbar,bawang putih, bawang merah, sedikit kunyit dan jahe setelah itu tumis bumbu yang telah dihaluskan tunggu hingga harum dan setelah tercium bau harum maka masukkan kelapa yang telah diparut dan diambil santan yang digunakan sesuai selera dan ukuran setelah panas masukkan bahan yang telah dipotong sesuai selera aduk hingga tercampur merata beri penyedap rasa hingga rasa sesuai selera dan tunggu hingga matang. Sayur harus teratur diaduk dan tidak boleh terlalu panas karena dapat membuat sayur santan menjadi pecah dan rasa kurang enak.
* Sambal Kering :
Lakukan pemilahan pada bahan yaitu kacang tanah, tempe, dan ikan teri. Kemudian goreng bahan tersebut. Setelah itu siapkan bumbu yang telah digiling halus yaitu cabai merah, bawang putih, bawang merah, dan tomat. Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan penyedap rasa sesuai selera tunggu hingga terasa matang dan masukkan hasil gorengan bahan ke dalam sambal dan aduk hingga rata.
* Tauco:
Kacang panjang di potong sesuai selera, siapkan juga cempoka/rimbang secukupnya, tahu kering, dan kerang kupas sebagai campuran. Untuk bumbu, potong-potong cabai hijau besar kemudian haluskan bawang merah dan bawang putih lalu tumis bumbu hingga aroma menjadi harum dan masukkan tauco dengan penyedap rasa aduk dan masukkan bahan aduk hingga rata dan tunggu hingga matang.

Related Posts

Gulee Sirip Hiu (Aceh)

Comments Off on Gulee Sirip Hiu (Aceh)

Bika Ambon (Medan)

Comments Off on Bika Ambon (Medan)

Resep Membuat Paniki

Comments Off on Resep Membuat Paniki

Pedasnya Resep Ayam Rica Rica Manado

Comments Off on Pedasnya Resep Ayam Rica Rica Manado

Gulai Kepala Ikan Kakap

Comments Off on Gulai Kepala Ikan Kakap

Resep Santan Jantung Pisang Super Mudah

Comments Off on Resep Santan Jantung Pisang Super Mudah

Gurami Siram Mentega

Comments Off on Gurami Siram Mentega

Resep Lawar

Comments Off on Resep Lawar

Kanji Rumbi (Aceh)

Comments Off on Kanji Rumbi (Aceh)

Sambal Udang Petai

Comments Off on Sambal Udang Petai

Soto Bening

Comments Off on Soto Bening

Resep Membuat Botok Tawon

Comments Off on Resep Membuat Botok Tawon

Create Account



Log In Your Account